Sukses

Kebakaran Lahan Masih Terjadi di Sumsel, Kabut Asap Tak Mau Pergi

Akibat kebakaran hutan dan lahan yang terjadi, kabut asap pun seolah tak mau meninggalkan langit Sumatera Selatan.

Liputan6.com, Ogan Ilir - Kobaran api dengan cepat membesar di kawasan Pemulutan, Ogan Ilir, Sumatera Selatan siang tadi. Apalagi di lahan milik warga ini terdapat belukar dan daun ilalang kering, sehingga memudahkan api menjalar.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Rabu (4/11/2015), saat kebakaran berlangsung juga sempat bertiup angin kencang. Bahkan api pun mendekati permukiman warga.

Meski kobaran api sangat mencemaskan warga, tak terlihat mobil pemadam kebakaran datang. Mereka akhirnya berupaya memadamkan api dengan cara sederhana, yaitu menyiramkan air langsung ke kobaran api. Sejak dilanda kemarau panjang, sudah 2 kali kebakaran lahan terjadi di Ogan Ilir.

Akibat kebakaran lahan terus berlangsung, kabut asap belum mau beranjak dari udara Kota Palembang, Sumatera Selatan. Padahal Selasa 3 November 2015 kemarin, udara sempat cerah setelah diguyur hujan.

Namun pada pagi hingga siang tadi, kabut asap yang cukup pekat kembali datang. Meski diselimuti kabut asap, para warga tetap melakukan aktivitas seperti biasa.

Hanya saja jalur perairan Sungai Musi tak mampu menghindar dari siraman kabut asap. Aktivitas pelayaran kembali lumpuh karena jarak pandang di beberapa titik hanya mencapai 100 meter. Beberapa kapal barang tujuan Banyuasin dan Ogan Komering Ilir memilih menunda keberangkatan.

Kabut asap yang menyelimuti Palembang ini terus muncul karena kebakaran lahan masih terjadi di beberapa lokasi. Berdasarkan pantauan pihak BMKG setempat, sepanjang Rabu 4 November 2015 masih terdapat 11 titik api di sana. (Vra/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini