Sukses

Mari Bantu Pemprov DKI Tanggulangi Sampah dengan Ini

Menggunakan peralatan sederhana, kita bisa mengolah sampah menjadi sesuatu yang berguna di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Menggunakan peralatan sederhana, kita bisa mengolah sampah menjadi sesuatu yang berguna di rumah. Pengolahan sampah mandiri dapat menjadi solusi permasalahan pembuangan sampah yang bebannya semakin meningkat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang, Minggu (8/11/2015), pemilahan sampah di setiap rumah tangga dan mengolahnya sendiri, bisa menjadi solusi permasalahan sampah Ibu Kota saat ini.

Menggunakan peralatan rumah tangga sederhana seperti tong plastik, pipa, selang plastik, dan sekat atau penghalang berbahan fiber, seperti inilah Sutarno mengolah sampah rumah tangga, menjadi pupuk kompos cair dan padat.

Bahan sampah organik dimasukkan ke dalam tong composter atau pembuat kompos. Lalu diberi cairan bakteri pengurai atau bioaktivator.

Setelah 2 minggu, secara otomatis kompos sudah terbentuk dalam jenis cairan yang berada di bawah tong, dan jenis padat di bagian atas.

Daur ulang sampah anorganik seperti plastik dapat dimanfaatkan sebagai mainan, peralatan edukasi, dan untuk dekorasi.

Pengolahan sampah secara mandiri di rumah-rumah dapat meringankan pengelolaan sampah saat ini. Karena dengan begitu, sampah yang terbuang adalah sampah yang benar-benar sudah tidak bisa dimanfaatkan lagi.

Lankah ini mendorong setiap rumah tangga melakukan penghijauan. (Nda/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini