Sukses

Normalisasi Terus Digalakkan, Sejumlah Kali Bersih dari Sampah

Memasuki musim penghujan,Jakarta bersiap agar tak lagi dilanda banjir.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki musim penghujan, Jakarta bersiap agar tak lagi dilanda banjir. Normalisasi Kali Ciliwung terus dikerjakan. Kini sampah yang biasanya terlihat menumpuk di sejumlah titik mulai berkurang.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (10/11/2015), kawasan yang kerap jadi pusat perhatian saat musim hujan adalah Jembatan Rawajati di Jalan Raya Kalibata, Jakarta Selatan.

Setiap tahun kawasan ini kerap terendam air Kali Ciliwung saat frekuensi hujan sangat tinggi di kawasan Bogor Puncak dan Cianjur. Namun Selasa siang tadi tidak tampak penumpukan sampah yang berarti.

Tapi saat bergeser ke arah hilir, di aliran Kali Ciliwung tepatnya di sekitar kawasan Bukit Duri, Jakarta Selatan ternyata cukup banyak sampah beranekaragam yang hanyut dibawa air. Mulai dari plastik, sampah rumah tangga hingga ranting pohon. Kegiatan normalisasi bantaran Kali Ciliwung terus dikerjakan

Bergeser lagi ke hilir tepatnya di Pintu Air Manggarai. Ternyata situasinya berbeda, tidak ada sampah. Salah satu pendorong mengapa bagian Kali Ciliwung tersebut lebih baik adalah revitalisasi dari Kampung Pulo.

Situasi aliran air bebas sampah juga ditemukan di Kali Angke kawasan Cengkareng, Jakarta Barat. Biasanya kali ini penuh sampah tapi hari ini terlihat bersih.

Untuk itu Pemprov DKI Jakarta meminta masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya, bukan menjadikan kali sebagai tempat pembuangan. (Mar/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.