Sukses

Hari Pahlawan, Santri Grobogan Upacara Tanpa Alas Kaki

Tujuannya untuk sedikit merasakan bagaimana beratnya perjuangan pahlawan saat berperang merebut kemerdekaan.

Liputan6.com, Grobogan - Mengenakan sarung dan kopiah, songkok, serta baju kebaya, lalu mengibarkan bendera Merah Putih. Ini cara santri Pondok Pesantren Darul Falah di Grobogan, Jawa Timur, memperingati Hari Pahlawan pada 10 November kemarin.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (11/11/2015), tidak hanya itu, mereka juga berbaris tanpa memakai alas kaki. Tujuannya untuk sedikit merasakan bagaimana beratnya perjuangan para pahlawan saat berperang merebut kemerdekaan RI.

Walau pun tidak beralas kaki, namun mereka tetap semangat mengikuti upacara tanpa terlihat mengeluh atapun kesakitan.

Sementara di Blitar, Jawa Timur, Hari Pahlawan diperingati dengan upacara pengibaran bendera. Pesertanya para pelajar dan pegawai negeri sipil (PNS).

Namun, tidak seperti para santri di Grobogan, para PNS ini sepertinya tidak serius saat mengikutiupacara. Mereka malah asik bermain handphone atau berteduh di bawah pohon, bahkan banyak yang merokok saat bendera dikibarkan.

Aksi lain digelar puluhan pelajar SDN Tisno Negaran 2, Kota Probolinggo, Jawa Timur. Hari Pahlawan mereka peringati bukan dengan upacara bendera, namun membagikan buah-buahan lokal kepada para pengguna jalan.

Para pengguna Jalan Panglima Sudirman pun tentu senang dengan aksi bagi-bagi buah gratis ini.

Setiap 10 November berbagai aksi digelar untuk memperingati Hari Pahlawan. Semoga saja bukan tanggalnya saja yang kita ingat, namun juga para pahlawan, baik yang sudah gugur maupun yang masih hidup. (Dan/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini