Sukses

Hadapi Banjir, Warga Bantaran Kali Ciliwung Buat Rumah Panggung

Masyarakat Kali Ciliwung sudah mempersiapkan diri apabila air kali meluap dan banjir kembali menerjang pemukiman

Liputan6.com, Jakarta - Ketinggian air yang terpantau di Kelurahan Kebon Manggis, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur hingga saat ini masih dalam keadaan normal.

Meski pagi tadi, air kiriman dari Bendung Katulampa, seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (13/11/2015), sempat menambah debit air setinggi 50 sentimeter, hal ini tidak membuat panik warga sekitar.

Namun masyarakat Kali Ciliwung sudah mempersiapkan diri apabila air kali meluap dan banjir kembali menerjang permukiman. Selain mengungsikan diri dan keluarga, mereka juga mengamankan sejumlah surat-surat penting dan membuat rumah panggung berfondasi bambu.

Sementara itu, sejak pagi hingga siang tadi material sampah kayu plastik yang terbawa arus air di kanal banjir barat di kawasan Tambora, Jakarta Barat menumpuk. Sampah ini terbawa arus air kali yang deras setelah Bendung Katulampa berstatus Siaga III. Sampah pun menumpuk di bibir jembatan

Kanal banjir barat merupakan kali terusan dari Sungai Ciliwung. Kali ini bermuara di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara. Kini warga Jakarta harus bersiap kembali menghadapi banjir. (Mar/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.