Sukses

Indahnya Benteng 7 Lapis di Perbatasan Indonesia-Timor Leste

Benteng 7 lapis yang berdiri di puncak Bukit Makes ini merupakan peninggalan Kerajaan Dirun.

Liputan6.com, Atambua - Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu daerah tertinggal di Tanah Air. Namun kabupaten ini memiliki objek wisata alam yang menawan, yakni Benteng 7 Lapis yang berdiri kokoh di puncak gunung perbatasan Indonesia dan Timor Leste.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (15/11/2015), menempuh perjalanan darat sekitar 3 jam dari Kota Atambua, Kabupaten Belu, terhampar keindahan pemandangan pegunungan di perbatasan negara Indonesia dan Timor Leste.

Menggunakan kendaraan dobel gardan, tim Liputan 6 menyusuri jalan setapak berbatu hingga tiba di padang rumput fulan fehan nan indah diimbuhi tanaman kaktus. Sejauh mata memandang, deretan pegunungan menjadi batas kedua negara.

Bak mutiara terpendam. Di puncak Bukit Makes masih berdiri tegak benteng peninggalan Kerajaan Dirun yang biasa disebut Benteng 7 Lapis. Pepohonan rimbun memenuhi benteng yang memiliki 7 pintu ini.

Di bagian tengah benteng terdapat sebuah lingkaran bebatuan yang tersusun rapi yang disebut-sebut sebagai tempat pertemuan raja-raja. Adapula meriam peninggalan Portugis, menhir dan makam raja-raja Dirun.

Keindahan alam di garis batas Indonesia dan Timor Leste ini sebenarnya bisa dikembangkan menjadi objek wisata yang menantang. Namun, akses jalan, akomodasi maupun informasi masih minim. (Dan/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini