Sukses

Meriahnya Kontes Ayam Bekisar Nasional di Kampus IPB

Sebuah kontes nasional ayam bekisar Minggu siang digelar di lapangan kampus IPB.

Liputan6.com, Bogor - Sebuah kontes nasional ayam bekisar Minggu siang digelar di lapangan kampus IPB, Bogor, Jawa Barat. Selain dinilai dari segi penampilan dan kesehatan, kontes yang diikuti ratusan peternak dan penggemar bekisar ini juga bertujuan untuk melestarikan kearifan lokal.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (16/11/2015), suara kokok ayam saling bersahutan di lapangan kampus Institut Pertanian Bogor. Bukan sembarang ayam, karena ratusan ayam ini tengah mengikuti kontes bekisar nasional tahun 2015.

Ya, lomba ini memang khusus ayam bekisar yang merupakan hasil perkawinan antara ayam hutan hijau jantan dan ayam kampung atau ayam buras betina. Pesertanya tak hanya peternak, tapi juga penggemar ayam bekisar dari seluruh Indonesia.

Dalam kontes ini, yang dinilai adalah penampilan dan kesehatan bekisar. Tak heran, jika ayam yang menjadi juara akan meningkat harga jualnya.

Kontes ini juga merupakan sedikit upaya melestarikan kearifan lokal dan plasma nutfah ayam bekisar. (Nda/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini