Sukses

Gunung Sinabung Kembali 'Batuk'

Erupsi Gunung Sinabung mengarah ke tenggara dan timur sejauh 4 km ini merupakan luncuran terjauh dibanding hari-hari sebelumnya.

Liputan6.com, Tanah Karo - Luncuran awan panas yang turun dari puncak Gunung Sinabung, Tanah Karo, Sumatera Utara sudah terlihat sejak pagi tadi. Erupsi sudah berlangsung dalam beberapa hari terakhir.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Selasa (17/11/2015), erupsi yang mengarah ke tenggara dan timur sejauh 4 km ini merupakan luncuran terjauh dibanding hari-hari sebelumnya.

Menurut Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), erupsi Gunung Sinabung terjadi sebanyak 9 kali sejak dinihari hingga siang hari tadi.

Oleh karena itu, para warga diimbau untuk tidak beraktivitas pada radius 3 km di seputaran Gunung Sinabung dan bahkan 7 km pada radius selatan dan tenggara.

Sebelumnya, pada 6 November 2015, banjir lahar dingin Gunung Sinabung melewati Sungai Lau Borus di Desa Sukatendel. Air bewarna kecokelatan yang mengalir deras dari Gunung Sinabung membawa material berupa batu dan kayu berukuran besar. (Vra/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini