Sukses

Jumlah Penumpang KM Wihan Sejahtera Berbeda dengan Data Manifes

Upaya pencarian penumpang KM Wihan Sejahtera di lokasi tenggelam kapal masih terus dilakukan petugas Ditpoliar Polda Jawa Timur.

Liputan6.com, Surabaya - Upaya pencarian penumpang KM Wihan Sejahtera di lokasi tenggelam kapal masih dilakukan petugas gabungan Direktorat Polisi Air (Ditpoliar) Polda Jawa Timur dan Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP). Penyelaman dilakukan untuk mencari kemungkinan adanya penumpang atau anak buah kapal (ABK) yang masih ada di areal kapal. 

Upaya pencarian dilakukan mengingat jumlah manifes dengan jumlah penumpang dan ABK yang berhasil diselamatkan tidak sama.

"Penumpang terakhir sampai hari ini adalah 212, termasuk ABK 25 orang dengan penumpang 179," jelas Kepala Syahbandar Kelas 1 Tanjung Perak Surabaya Rudiana, seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Selasa (17/11/2015). 

Jumlah penumpang dan ABK yang diselamatkan jauh lebih banyak dari data manifes kapal yang hanya berjumlah 153 orang. Sejauh ini belum ada laporan penumpang hilang. Sementara itu, 4 korban luka hingga hari ini masih dirawat di Rumah Sakit PHC Surabaya.

"Saya lompat dari atas, sampai di bawah kena buritannya, di besi," kata Fadheli, seorang penumpang kapal KM Wihan Sejahtera.

Dalam video amatir terekam detik-detik mencekam penyelamatan diri ratusan penumpang KM Wihan Sejahtera rute Surabaya-Labuan Bajo-Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Kini proses evakuasi kapal masih menunggu laporan tim penyelam untuk menentukan proses evakuasi apakah ditarik, diseret, atau diangkat. (Mar/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.