Sukses

Kekeringan Masih Betah di Bangka Belitung dan Lamongan

PDAM di Merawang, Bangka Induk, Bangka Belitung nyaris kering, begitu pula sumur warga di Lamongan, Jawa Timur.

Liputan6.com, Bangka Belitung - Kolam penampungan air bersih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Merawang, Bangka Induk, Bangka Belitung nyaris kering. Sudah 3 bulan kolam yang merupakan sumber mata air bersih PDAM tak mampu mengalirkan air ke rumah warga.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (18/11/2015), kondisi kekeringan tahun ini merupakan yang terparah sejak 24 tahun berdirinya PDAM Bangka Induk.

Pihak PDAM Bangka Induk membuat sistem semuran agar air kolam yang kering masih bisa disedot dan dialirkan ke rumah warga walaupun terbatas. Keringnya air kolam tersebut justru dimanfaatkan puluhan warga untuk menambang pasir timah.

Di Lamongan, Jawa Timur, warga Desa Balungtawun, Kecamatan Sukodadi memprotes penjualan air sumber yang dilakukan oleh sejumlah pengusaha desa lainnya.

Penjualan air yang dilakukan pengusaha dengan penyedotan air melalui pipa mesin bor dan dijual oleh pengusaha dari desa lainnya membuat warga sekitar saat ini mengalami kekurangan air bersih di saat musim kemarau.

Protes warga bisa berakhir setelah pengusaha berjanji tidak akan menjual air pada saat musim kemarau antara Agustus hingga Desember 2015. (Vra/Bob)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini