Sukses

Diguyur Hujan Deras, Rumah di Tasikmalaya Terbelah

Hujan deras yang mengguyur Tasikmalaya, Jawa Barat memicu retakan tanah.

Liputan6.com, Bandung - Hujan deras yang mengguyur Tasikmalaya, Jawa Barat memicu retakan tanah. Retakan tersebut cukup panjang hingga merusak sejumlah rumah warga.

Akibatnya warga pun terpaksa mengungsi. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (18/11/2015), retakan tanah yang memanjang membuat beberapa rumah di Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Purba Ratu terbelah, tembok retak hingga membahayakan penghuninya.

Ada 8 rumah yang terkena dampak retakan tanah. Satu di antaranya rusak parah sehingga harus ditinggalkan penghuninya mengungsi. Sang pemilik khawatir kediamannya sewaktu-waktu ambruk sehingga ia memilih menempati rumah bantuan saat gempa 2009 yang dinilai lebih aman.

Kini warga hanya bisa pasrah dan berharap ada kebijakan dari pemerintah untuk merelokasi mereka. Mengingat tempat itu sudah sangat membahayakan apalagi pergerakan tanah terus terjadi setiap kali hujan turun. 

Kondisi yang sama juga dikhawatirkan warga Desa Ranca Panggung, Bandung Barat. 100 rumah dan sebuah sekolah dasar kini berada dalam ancaman longsor.

Hujan deras selama 3 hari berturut-turut membuat Gunung Bonjot longsor. Material berupa batu besar turun dari gunung yang memiliki ketinggian lebih dari 1.000 meter dari permukaan laut itu.

Belum ada korban yang jatuh dalam peristiwa ini.

Sementara itu, sekolah juga akan langsung memulangkan siswanya begitu hujan turun dan warga juga diimbau untuk menjauhi lokasi longsoran. (Mar/Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini