Sukses

Jembatan Diputus Orang Jahil, Pelajar Terjang Sungai Musi

Murid-murid SD di Desa Kembahang Lama tak punya pilihan selain menyeberangi Sungai Musi yang arusnya deras.

Liputan6.com, Sumatera Selatan - Sebuah jembatan gantung di Empat Lawang, Sumatera Selatan, putus. Kini warga yang biasanya melintasi jembatan itu, terpaksa menyeberangi Sungai Musi yang arusnya deras, termasuk para pelajar.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (18/11/2015), murid-murid SD di Desa Kembahang Lama, Kecamatan Talangpadang, Empat Lawang, bukan sedang bersenang-senang bermain air.

Inilah yang tiap hari harus mereka lakukan untuk sampai ke sekolah, menyeberangi Sungai Musi yang arusnya deras. Berangkat sekolah celana basah, begitu pula saat pulang nanti.

Bukannya menantang maut, tapi mereka tak punya pilihan selain menyeberang sungai sejak jembatan gantung di desa mereka ambruk.

Jembatan gantung sepanjang 30 meter yang dibangun tahun 2009 lalu di Desa Kembahang Lama, ambruk 2 pekan lalu. Bukan karena lapuk dimakan usia, tapi karena tali besi atau selingnya diputus tangan-tangan jahil.

Apa pun motif pelaku, perusakan jembatan gantung di Desa Kembahang Lama ini sungguh keterlaluan. Akibat perbuatan itu, warga desa termasuk murid-murid sekolah, kini sangat menderita.

Keselamatan mereka pun terancam, karena bisa saja sewaktu-waktu terseret arus sungai, terutama bila permukaan air sungai naik tiba-tiba.

Belum ada kejelasan kapan pemerintah memperbaiki jembatan gantung Kembahang Lama. Semoga saja segera, tanpa perlu menunggu jatuhnya korban. (Nda/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.