Sukses

VIDEO: Waspada Longsor di Gunung Berapi Saat Musim Hujan

Warga sekitar Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur dan Gunung Slamet di Pemalang, Jawa Tengah diminta waspada terjadinya longsor.

Liputan6.com, Lumajang - Material vulkanik menumpuk di puncak Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Material berupa pasir dan bebatuan ini merupakan akumulasi letusan endapan material yang terus keluar dari kawah gunung tertinggi di Pulau Jawa ini.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (21/11/2015), saat musim kemarau material tersebut hanya berada di puncak dan sekitarnya.

Namun jika puncak diguyur hujan, material bisa menyebabkan lahar hujan di mana material tersebut longsor lalu terbawa arus ke sungai-sungai sekitar Gunung Semeru.

Petugas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) mengimbau kepada seluruh warga yang tinggal di dekat aliran lahar agar meningkatkan kewaspadaannya sehingga bahaya lahar hujan tidak sampai menelan korban jiwa.

Sementara itu, ribuan warga yang bermukim di lereng Gunung Slamet, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah diimbau waspada terhadap ancaman bencana tanah longsor.

Guna menghindari ancaman tanah longsor tersebut, sejumlah desa di Kecamatan Watukumpul sudah direlokasi ke tempat yang lebih aman.

Bupati Pemalang Junaedi mengimbau warga terus waspada agar bencana tanah longsor yang meluluhlantakkan sejumlah desa pada 2014 lalu tidak terulang. (Vra/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini