Sukses

VIDEO: Sumber Air Bersih Jadi Impian Warga Pulau Maringkik

Keberadaan sumber air bersih menjadi impian warga Pulau Maringkik yang hingga kini belum terwujud.

Liputan6.com, Nusa Tenggara Barat - Hidup di pulau terpencil menyisakan banyak persoalan. Bagi warga Pulau Maringkik di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, keberadaan sumber air bersih menjadi impian yang hingga kini belum terwujud.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (28/11/2015), kisah kehidupan warga di Pulau Maringkik tak seindah pesona Pulau itu sendiri. Warga yang terdiri dari sekitar 690 kepala keluarga itu, puluhan tahun hidup di pulau seluas 60 hektare lebih, dengan memimpikan adanya sumber air bersih. Air sumur yang ada sekarang merupakan air asin, yang tidak bisa dikonsumsi.

Antrean warga membeli air bersih dari para pengepul yang datang dari pulau seberang, menjadi pemandangan biasa yang akan dijumpai, bila berkunjung ke pulau sisi selatan pulau Lombok itu.

Untuk satu jeriken kecil berisi 10 liter air, warga harus membayar Rp 4 hingga 5 ribu. Total, warga harus merogoh kocek rata-rata Rp 80 hingga 100 ribu per hari, untuk keperluan hidup satu keluarga.

Pernah ada pompa penyulingan air laut yang merupakan sumbangkan dermawan, sekitar 10 tahun lalu. Sayangnya alat itu kini rusak.

Tak heran, di Pulau Maringkik, air lebih berharga dari pada uang atau sembako. Penduduk Maringkik tak berhenti bemimpi memiliki sumber air bersih dari pihak mana pun yang bisa membantu.

Puluh tahun sudah tanpa sumber air bersih, hingga kini pula belum ada solusi dari pemerintah. (Nda/Dms)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.