Sukses

VIDEO: Urus JKS Rumah Sakit, Dartam Playboy Tak Punya KTP

Dartam dikurung karena kerap mengamuk dan melempari rumah warga.

Liputan6.com, Banyumas - Setelah sempat ditolak, Dartam penderita sakit jiwa yang selama 25 tahun dikurung dan dipasung di dalam gubuk yang mirip kandang ayam akhirnya dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banyumas, Jawa Tengah untuk mendapat perawatan. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Sabtu (28/11/2015), di gubuk yang lebih mirip kandang ayam inilah selama 25 tahun Dartam dikurung dengan kaki terpasung.

Dartam hidup di kandang berukuran1x1 meter di Desa Pageraji, Cilongok, Banyuwangi, Jawa Tengah ini sejak jiwanya terganggu akibat cintanya ditolak oleh sang pujaan hati. Ia dikurung karena kerap mengamuk dan melempari rumah warga. Dartam masih bisa diajak bicara, bahkan ia mengaku heran kenapa dirinya dikurung di tempat itu.

Setelah sempat ditolak RSUD Banyumas dengan alasan tidak ada keluarga yang mendampingi saat perawatan, Dartam akhirnya kembali dibawa ke rumah sakit.

Ia pun dijemput petugas Puskesmas Cilongok yang didampingi anggota TNI. Untuk membawanya ke ambulans, Dartam digotong dengan kursi karena kakinya sudah tidak bisa diluruskan akibat terlalu lama dipasung.

Keluarga juga dimintai KTP Dartam untuk mengurus Jaminan Kesehatan Sosial. Namun Dartam tidak memiliki KTP karenap selama puluhan tahun hidup dalam kurungan. (Mar/Ado)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.