Sukses

VIDEO: Beragam Sosialisasi Jelang Pilkada Serentak 2015

Sosialisasi Pilkada Serentak 2015 mulai dilakukan di Solo, Maros, dan Mamuju.

Liputan6.com, Solo - 1.000 Orang lebih mengikuti acara jalan sehat yang digelar Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Solo, Jawa Tengah sekaligus sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2015.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (29/11/2015), berawal dari Stadion Manahan dengan membawa misi Solo Kota Ramah, peserta bergerak menuju ke Jalan Slamet Riyadi menyusuri jalur Car Free Day sambil menyanyikan mars Pilkada Solo.

"Jalan sehat sangat efektif untuk memberikan perhatian bahwa penandaan Pilkada akan segera dimulai," ucap Ketua KPUD Kota Surakarta Agus Sulistiyo.

Di Maros, Sulawesi Selatan, KPUD setempat menggelar simulasi pemungutan suara untuk petugas KPPS termasuk metode penghitungan data pemilih dan hasil pemungutan suara. Tujuannya agar para petugas KPPS mengetahui tugas di hari pencoblosan.

3 Pasang calon bupati dan wakil bupati akan memperebutkan suara dari 257.524 pemilih di 630 TPS yang tersebar di 14 kecamatan dan 103 desa serta kelurahan di Maros.

Sementara itu, memastikan kesiapan Pilkada Serentak 9 Desember 2015 mendatang, pejabat bupati Mamuju Utara, Sulawesi Barat, TNI, dan polisi mengecek langsung kesiapan logistik Pilkada.

Dalam pengecekan itu juga termasuk kotak suara surat suara dan dokumen pilkada lain di Kantor KPUD Mamuju Utara. Pertemuan dengan KPUD hingga tingkat KPPS juga digelar untuk memastikan pilkada berjalan aman dan tertib tanpa kecurangan. (Vra/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.