Sukses

VIDEO: Unik, Kreasi Kuliner Telur Asin Rasa Soto

Bagi penyuka telur asin, patut mencoba yang satu ini yaitu telur asin rasa soto.

Liputan6.com, Yogyakarta - Bagi penyuka telur asin, patut mencoba yang satu ini yaitu telur asin rasa soto. Seorang ibu mantan TKW di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, berhasil menemukan kreasi kuliner ini.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (11/12/2015), hanya dalam sepekan diluncurkan, telur asin rasa soto buatan ibu-ibu di Desa Jangkaran, Kulon Progo, langsung kebanjiran pesanan. Bahkan pesanan yang datang melebihi kapasitas produksi, sehingga terpaksa menolak sebagian permintaan. Pembuatan telur asin rasa soto saat ini baru mencapai 100 butir dalam seminggu.

Telur asin rasa soto ini dibanderol Rp 10 ribu dalam paket hemat berisi 3 telur asin.

Rahasia telur asin rasa soto terletak pada proses pembuatannya. Prosesnya sebenarnya tak jauh berbeda dengan membuat telur asin bebek pada umumnya.

Perbedaannya terletak pada proses penyimpanan yang mencapai 30 hari, ditambah bumbu soto agar dapat menyerap hingga menembus cangkang telur.

Yang menarik, ibu-ibu pembuatnya merupakan mantan tenaga kerja wanita yang bekerja di luar negeri. Sekembalinya dari luar negeri, ke 13 ibu-ibu ini memilih berusaha di Tanah Air dengan menciptakan telur rasa soto yang resepnya didapat dari internet.

Ibu-ibu mantan TKW yang tergabung dalam TKI Purna Maju Lestari ini bertekad akan terus mengembangkan kreativitasnya, sehingga usahanya bisa menopang kehidupan rumah tangga dan mereka tak perlu bekerja di luar negeri lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.