Sukses

VIDEO: Longsor di Bandung Barat Putuskan Akses Jalan Warga

Akses jalan utama warga di Kampung Sukamanah, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat terputus pascatanah longsor.

Liputan6.com, Jakarta - Pascatanah longsor, akses jalan utama warga di Kampung Sukamanah, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat terputus.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (12/12/2015), tebing setinggi 150 meter longsor dan tumpukan material tanah menutup badan jalan sepanjang 50 meter.

Ketebalan tanah setinggi 10 meter membuat petugas kepolisian dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat tak bisa berbuat banyak.

Hal itu dikarenakan tidak adanya alat berat. Longsor ini membuat aktivitas warga di 2 kecamatan yaitu Cipeundeuy dan Cikalong Wetan lumpuh.

Sementara itu sekitar pukul 06.00 WIB tadi, warga Desa Gunung Lurah, Kecamatan Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah dikejutkan dengan suara gemuruh yang datang dari bukit di atas pemukiman penduduk.

Tanah yang diatasnya ditumbuhi tanaman bambu itu longsor dan menimpa warga. Rumah salah seorang warga yang terbuat dari papan pun rata dengan tanah. 

Sedangkan rumah lainnya hanya mengalami rusak ringan. Meski begitu, para warga merasa khawatir karena curah hujan di wilayah tersebut masih tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.