Sukses

VIDEO: Lomba Dayung Internasional Susuri Derasnya Sungai Musi

Diawali dengan nomor rafting dari Desa Tanjung Raya, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan sejauh 35 kilometer.

Liputan6.com, Palembang - Ajang lomba dayung internasional Musi Triboatton keempat tahun 2015 belum lama ini dimulai. Diawali dengan nomor rafting dari Desa Tanjung Raya, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan sejauh 35 kilometer.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Kamis (17/12/2015), etape pertama ini menyusuri jeram dan arus deras dengan finish di Jembatan Kuning, Kecamatan Tebing Tinggi.

Peserta dalam ajang internasional ini terdiri dari 15 tim. 5 dari negara tetangga seperti Malaysia, Brunai Darussalam, Singapura, Filipina, dan 10 dari Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bangka Belitung, Jambi, Riau, dan tuan rumah Sumatra Selatan berlomba menaklukkan derasnya arus Sungai Musi.

Pada etape pertama lomba rafting di Empat lawang, juara pertama diraih Tim Sumatra Selatan 1, di tempat kedua Tim Sumsel 2, dan Tim Sumatera Barat di posisi ketiga.

Selain nomor rafting, panitia juga mengadakan lomba serapungan, olahraga tradisional Sumatera Selatan yaitu berenang dengan alat bantu 2 batang bambu. Meski diadakan di alam pedesaan penyelenggaraan lomba ini menarik pengunjung dari masyarakat setempat. 

"Memperkenalkan objek wisata dan ikon kita Sungai Musi," ujar Kadis Budaya dan Pariwisata Sumatera Selatan Irene Camelyn Sinaga.

Ajang tahunan Musi Triboatton mempertandingkan 3 nomor dayung, yaitu rafting, kayak, dan perahu naga.

Peserta akan berlomba menyusuri Sungai Musi dari Kabupaten Empat Lawang sampai Kota Palembang sejauh 500 kilometer dalam 4 etape melalui Kabupaten Empat Lawang, Kota Lubuklinggau, Kabupaten Musirawas, Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Banyuasin dan finish di Kota Palembang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.