Sukses

VIDEO: Beragam Peringatan Hari Juang Kartika TNI 2015

Di Samarinda, Hari Juang Kartika 2015 diadakan dengan pameran persenjataan yang dimiliki Kodam VI Mulawarman Kalimantan Timur.

Liputan6.com, Samarinda - Ribuan pasukan TNI Angkatan Darat Kodam VI Mulawarman Kalimantan Timur Rabu 16 Desember 2015 kemarin berparade di Stadion Madya Sempaja, Samarinda.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Kamis (17/12/2015), apel pengamanan Natal dan Tahun Baru 2016, sekaligus memperingati Hari Juang Kartika 2015 yang biasa dirayakan Korps Infanteri Angkatan Darat.

Perayaan juga dilakukan dengan pameran persenjataan yang dimiliki Kodam VI Mulawarman mulai dari senjata ringan produksi PT Pindad, meriam, kendaraan angkut, dan kendaraan tempur. Masyarakat pun dengan bebas bisa mencoba dan mempelajari seluruh persenjataan yang dipamerkan di sana.

"Jadi semua senjata yang dimiliki oleh Kodam VI Mulawarman, kita pamerkan di sini. Intinya bahwa inilah pertanggungjawaban kita, TNI Angkatan Darat kepada masyarakat yang ada di wilayah Kalimantan Timur," ujar Kasdam VI Mulawarman Brigjen TNI George Elnadus Supit.

Di Jambi, Korem 042 Garuda Putih melakukan bakti sosial dengan operasi gratis bagi 59 anak dan balita kurang mampu yang menderita bibir sumbing.

"Kita membantu rakyat, masyarakat yang tentunya kurang mampu khususnya. Yang tadinya tidak berpikir, tidak akan berpikir bahwa mereka akan kembali agak sedikit seperti biasa, mereka sudah berpikir bahwa nanti seterusnya akan sumbing karena mereka tidak mampu," ucap Danrem 042 Garuda Putih Kolonel Makmur.

Anak kurang mampu yang mendapatkan fasilitas operasi bibir sumbing ini berasal dari sejumlah kabupaten dan kota di Provinsi Jambi.

Operasi dilakukan dengan mendatangkan dokter bedah plastik dari Jakarta. Dengan operasi ini diharapkan anak-anak bisa beraktivitas normal kembali dan meraih kepercayaan dirinya masing-masing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.