Sukses

VIDEO: Tim Jibom Sisir 30 Gereja di Yogyakarta Jelang Misa Natal

Sedikitnya 30 gereja di Yogyakarta disisir Satuan Penjinak Bom Polda DIY.

Liputan6.com, Yogyakarta - Sedikitnya 30 gereja di Yogyakarta disisir Satuan Penjinak Bom Polda DIY. Penyisiran dilakukan guna mengantisipasi adanya gangguan keamanan menjelang Misa Natal, yang akan digelar mulai Kamis petang.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Kamis (24/12/2015), dari 30 gereja di Daerah Istimewa Yogyakarta yang disisir Satuan Penjinak Bom Brimob Polda DIY, Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus di Bambanglipuro, Bantul adalah salah satunya.

Gereja terbesar di Kabupaten Bantul disisir anggota penjinak bom (Jibom) hampir di semua sudut gereja, khususnya di ruang utama tempat berlangsungnya Misa Natal hingga altar tempat romo memimpin Misa.

Selain memeriksa titik-titik yang dianggap rawan secara manual, tim Jibom juga memastikan tidak adanya bahan peledak dengan menggunakan detektor logam, tongkat cermin, dan kamera mini.

Penyisiran yang dilakukan tim Jibom dan didampingi aparat Polres Bantul ini, sebagai langkah antisipasi gangguan keamanan menjelang Misa dan perayaan Natal.

Selain melakukan penyisiran, Polda DIY juga mengerahkan 1.700 personel untuk mengamankan perayaan Natal tahun ini.

Tim Jibom Brimob Polda Jawa Tengah juga melakukan penyisiran gereja di Pemalang, Jawa Tengah.

Demi memastikan keamanan saat pelaksanaan Natal, tim Jibom juga menyisir lingkungan di sekeliling gereja. Seperti pekarangan, pot-pot bunga, serta atap-atap rumah yang memungkinkan diselipkannya bahan-bahan peledak.

Untuk pengamanan Natal, kepolisian Resor Pemalang menempatkan 2 personelnya di setiap gereja. Pengamanan di gereja juga melibatkan TNI dan Linmas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.