Sukses

VIDEO: Tahun Baru, Ada Festival Lampion di Bantaran Kali Yogya

Mereka memperindah kampungnya dengan memasang ratusan lampion hasil kreasi sendiri yang terbuat dari plastik.

Liputan6.com, Yogyakarta - Beragam cara dilakukan warga untuk menyambut Tahun Baru. Salah satunya dengan menggelar Festival Kampung Lampion seperti yang dilakukan warga di bantaran Kali Code, Kota Yogyakarta.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (1/1/2016), mereka memperindah kampungnya dengan memasang ratusan lampion hasil kreasi sendiri yang terbuat dari plastik. Pemasangan lampion dilakukan dari pintu masuk kampung hingga di setiap rumah warga.

Selain menyemarakkan pergantian tahun, acara ini juga digelar untuk meningkatkan citra kampung mereka yang selama ini dikenal sebagai kampung yang gelap, kotor, dan tertinggal.

"Kami tidak mau ditinggal sendiri. Kami mau bangkit dan kami mau menunjukkan bahwa kami itu ada," ucap koordinator festival Ganis Cintika Putri.

Selain lampion, warga juga menghias tembok-tembok rumah serta bangunan lainnya dengan lukisan mural hasil karya remaja dan anak-anak yang tinggal di bantaran Kali Code. Ada pula foto-foto hasil jepretan tentang aktivitas keseharian warga dari masa lalu hingga masa kini.

Agar semarak warga juga memajang aneka perkakas serta seragam kerja untuk menunjukkan betapa beragamnya profesi warga yang tinggal di bantaran Sungai Code. Seperti bertani, berdagang, tukang parkir, ataupun pemulung sampah. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.