Sukses

VIDEO: Tempat Penampungan Calon TKI Ilegal di Depok Digerebek

Puluhan calon TKW langsung dibawa keluar dari tempat penampungan di kawasan Pancoran Mas, Depok.

Liputan6.com, Depok - Lokasi penampungan Tenaga Kerja Wanita (TKW) digerebek polisi di Depok, Jawa Barat. Selain mendapati sejumlah calon TKW di bawah umur, penempatan untuk calon TKW ini juga tidak jelas sebelum diberangkatkan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Rabu (6/1/2016), puluhan calon TKW langsung dibawa keluar dari tempat penampungan di kawasan Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, setelah digerebek polisi Rabu.

Beberapa di antaranya adalah perempuan di bawah umur. Mereka langsung dinaikkan ke sejumlah mobil yang telah disiapkan. Selain itu, sebanyak 4 orang yang mengurus calon TKW juga ikut dibawa.

Warga di sekitar penggerebekan tak menyangka jika rumah yang selama ini tertutup rapat itu, berfungsi sebagai tempat penampungan calon TKW. Mereka mengaku tidak tahu jika ada puluhan TKW di dalam rumah yang siap diberangkatkan.

Penggrebekan yang dilakukan Satserse Polresta Depok ini berawal dari laporan 2 calon TKW yang kabur dari lokasi penampungan. Keduanya melarikan diri karena tidak mau bekerja di tempat hiburan malam dan juga PSK.

Menanggapi penggerebekan calon TKW ini, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri mengancam akan mencabut izin PJTKI yang menyalahi aturan, baik penempatan tenaga kerja yang tidak benar maupun mempekerjakan anak di bawah umur.

Meski pemerintah tegas terhadap PJTKI yang nakal, namun kasus sindikat penyalur tenaga kerja ilegal tak pernah habis di negeri pengekspor tenaga kerja ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.