Sukses

VIDEO: Penemuan Vaksin Terbaru untuk Jemaah Haji

Tim ahli dari Avian Influenza Research Center Universitas Airlangga Surabaya menemukan vaksin baru

Liputan6.com, Surabaya - Universitas Airlangga Surabaya berhasil menemukan formulasi terbaru untuk digunakan jemaah haji agar terlindung dari virus flu babi, mers dan virus viktoria yang mematikan. Sebuah harapan baru untuk melindungi manusia dari 3 virus berbahaya ditemukan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (8/1/2016), tim ahli dari Avian Influenza Research Center Universitas Airlangga Surabaya menemukan vaksin baru, dari pencampuran tiga virus berbahaya yaitu virus flu babi atau h1n1, virus mers atau h3n2 dan virus viktoria yang hanya ditemukan di daerah tropis. Penggabungan ketiga virus inilah yang di jadikan vaksin terbaru yang di beri nama vaksin Tri Valent.

Tim peneliti akan melakukan uji coba vaksin virus ini ke hewan veret atau sejenis musang di ruang penyebaran virus gedung Avian Influenza Research Center di Universitas Airlangga. Jika dalam kurun waktu 50 hari hewan percobaan masih hidup, ujicoba vaksin dinyatakan berhasil.

"kalau misalkan di tingkat pre-clinic dengan menggunakan hewan veret ini berhasil, di mana hewan veret ini adalah hewan yang paling dipersyaratkan utama oleh WHO. Maka dikatakan perjalanan itu sudah bagus," ujar ketua tim penemuan Choirul Anwar.

Setelah ujicoba berhasil, vaksin ini akan ditawarkan pada pemerintah untuk digunakan jamaah haji dan umroh yang akan berangkat ke tanah suci, Mekkah. Dengan temuan ini, tim peneliti berharap pemerintah lebih percaya pada temuan putra terbaik Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.