Sukses

VIDEO: DBD Mewabah di Jambi dan Jombang, 2 Bocah Meninggal

14 Warga Jambi terjangkit demam berdarah dengue (DBD).

Liputan6.com, Jambi - Dari 27 orang pasien yang dirawat di ruang perawatan Rumah Sakit Umum Bangko, Merangin, Jambi, 14 di antaranya adalah penderita demam berdarah dengue (DBD). Penderita umumnya adalah pasien dewasa, dari hampir seluruh kecamatan di Kabupaten Merangin, Jambi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (12/1/2016), pekan lalu seorang bocah berumur 6 tahun meninggal dunia, setelah dirawat selama 4 hari di Rumah Sakit Umum Bangko, karena DBD dan terlambat mendapat pertolongan.

Data Dinas Kesehatan Kabupaten Merangin, Jambi, sejak awal Desember 2015 hingga 11 Januari 2016, ditemukan 78 kasus DBD dengan 2 korban jiwa.

Sementara itu di Jombang, Jawa Timur, seorang balita berusia 3 tahun tidak tertolong setelah terserang DBD. Korban Alisah Aqila sempat mengalami panas tinggi dan mengalami penurunan trombosit dan harus dirawat di ruang High Care Unit RSUD Jombang.

Kawasan tempat tinggal balita korban juga merupakan kawasan endemik DBD. Di Desa Balong Besuk, Jombang, sedikitnya 8 warga terserang DBD.

Pemerintah desa dan pihak Puskesmas setempat langsung melakukan fogging atau pengasapan untuk menekan penyebaran nyamuk aedes aegepty.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.