Sukses

VIDEO: 2 Ribu Eks Gafatar Ditampung di Kamp Militer

Jumlah eks Gafatar yang ditampung di kompleks Perbekalan dan Angkutan Kodam 12 Tanjungpura, terus bertambah.

Liputan6.com, Kubu Raya, Kalimantan - Jumlah mantan anggota Gerakan Fajar Nusantara atau Gafatar yang ditampung di kompleks perbekalan dan angkutan Kodam XII Tanjungpura, terus bertambah. Kini, jumlah mereka sudah mencapai lebih dari 2 ribu orang.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (22/1/2016), pagi tadi posko penampungan menerima tambahan sekitar 300 orang dari Sanggau, Kapuas Hulu, Melawi, dan Sintang. Sehingga jumlah total hingga Jumat siang adalah 2.360 jiwa.

Ribuan orang ini menimbulkan masalah baru yaitu sanitasi atau kebersihan lingkungan. Sebab, posko kesehatan menerima keluhan terbanyak soal masalah diare atau buang-buang air. Meski pasrah, masih ada yang mengganjal di hati mereka.

Sementara, ratusan eks Gafatar di Desa Karya Jaya, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan, didata oleh anggota Koramil setempat. Pendataan itu meliputi kelompok, jenis kelamin, dan asal daerah.

Jumlah seluruhnya mencapai 227 jiwa, berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. 26 Januari mendatang, mereka akan dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing.

Sementara, pascakejadian di Mempawah, eks Gafatar di Palangkaraya, Kalimantan Tengah juga menyatakan siap pulang ke daerah asalnya masing-masing, sesuai keputusan pemerintah. Pemerintah Kota Palangkaraya dan Dewan Adat Dayak Kalimantan Tengah juga sudah mendata mereka.

Polres Palangkaraya juga sudah menjamin keselamatan eks Gafatar hingga saat keberangkatan nantinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.