Sukses

VIDEO: Gemuruh Bromo Terdengar dari Radius 2 Km

Suara gemuruh itu dibarengi dengan munculnya asap tebal berwarna kemerahan serta lava pijar.

Liputan6.com, Probolinggo - Gunung Bromo terus menggeliat. Beberapa hari terakhir, lava pijar mulai terlihat dari kawah Gunung Bromo yang menandakan adanya peningkatan aktivitas vulkanik.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Rabu (27/1/2016), suara gemuruh dari kawah Gunung Bromo terdengar dari radius 2 km di sekitar rest area Cemoro Lawang, Probolinggo, Jawa Timur. Suara gemuruh itu dibarengi dengan munculnya asap tebal berwarna kemerahan, serta lava pijar yang muntah dengan ketinggian sekitar 150 meter.

Asap mengarah ke timur dan timur laut membawa abu vulkanik, pasir, serta batu apung yang terpantau jatuh di sekitar kawah beradius 500 meter. Meski tergolong batu ringan, jika menumpuk dalam jumlah besar bisa meruntuhkan atap sebuah rumah.

Dibanding hari sebelumnya, aktivitas vulkanik Gunung Bromo Rabu siang terpantau meningkat. Gempa letusan terjadi sebanyak 5 kali, sejak pukul 06.00 pagi hingga 12.00 siang.

Sampai saat ini, status Gunung Bromo tetap siaga dengan larangan mendekat hingga radius 2 km.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.