Sukses

VIDEO: Kemeriahan Perayaan Imlek di Berbagai Negara

Dentang lonceng di menara lonceng kuno di Beijing menandai datangnya Tahun Monyet Api.

Liputan6.com, Cina - Perayaan tahun baru Imlek digelar di berbagai belahan dunia. Warga memenuhi kuil atau wihara memohon kesehatan dan keberuntungan di Tahun Monyet Api.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Senin (8/2/2016), dentang lonceng di menara lonceng kuno di Beijing menandai datangnya Tahun Monyet Api.

Sekelompok warga membunyikan lonceng raksasa di dalam bangunan dari zaman Dinasti Ming tepat tengah malam, bersamaan dengan letusan kembang api di berbagai lokasi. Keributan kembang api dan petasan dimaksudkan untuk mengusir roh jahat saat Imlek dan membawa keberuntungan dalam tahun yang baru.

Warga Beijing berbondong menuju kuil Buddha atau Tao, berdoa memohon kesehatan, keberuntungan dan kesejahteraan di Tahun Monyet Api.

Di Hanoi, Vietnam, pertunjukan kembang api digelar menyambut datangnya Tahun Baru Imlek.

Di Bangkok, Thailand, warga memadati kuil untuk berdoa menyambut Imlek. Selain perayaan Tahun Baru China, ada juga bisnis menggiurkan di Thailand. Selain para turis biasa, ada sekitar 300 pesawat carter membawa para wisatawan dari daratan China, Hong Kong, Taiwan dan Singapura.

Di Manila, komunitas Tionghoa menyambut datangnya Tahun Baru China atau Imlek dengan memotong kue raksasa yang disebut Tikoy. Dipimpin oleh Wali Kota Manila, mantan Presiden Joseph Estrada, kue tersebut dipotong bersama perwakilan dari berbagai organisasi, disusul pesta kembang api selama 10 menit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.