Sukses

VIDEO: Banjir Riau Meluas ke Pekanbaru, Pengungsian Ikut Terendam

Tingginya intensitas hujan membuat banjir di Provinsi Riau kian meluas.

Liputan6.com, Pekanbaru - Tingginya intensitas hujan membuat banjir di Provinsi Riau kian meluas. Kini, banjir melanda Pekanbaru.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (14/2/2016), banjir besar di Kampar Riau meluas melalui luapan anak-anak sungai, sehingga banjir telah sampai di perbatasan Kota Pekanbaru.

Kompleks Perumahan Graha Kualu adalah salah satu dari sekitar 10 kawasan pemukiman baru yang dilaporkan dalam kondisi terendam. Pemerintah setempat telah membangun tenda-tenda darurat untuk tempat pengungsian sementara, serta mengirimkan perahu karet.

Derita warga kian bertambah karena rendaman banjir sudah masuk ke ke tenda-tenda pengungsian.

Bukan saja mengarah ke Kota Pekanbaru, banjir juga sudah merendam 3 kecamatan di Kabupaten Pelalawan.

Provinsi Riau diprediksi akan sulit lepas dari persoalan banjir, jika tak ada upaya serius dari pemerintah dalam membatasi pembukaan lahan untuk perkebunan sawit.

Provinsi Riau yang dibelah 5 sungai utama seperti Kampar, Rokan, Siak, Indragiri dan Sungai Kuantan, sejak satu dasawarsa terakhir memang menjadi langganan banjir. Saat intensitas hujan meninggi, maka satu demi satu permukaan sungai meluap.

Pada bencana tahun ini, setidaknya 26 ribu kepala keluarga menjadi korban, menyusul air sungai yang menderas menggenangi perkampungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.