Sukses

VIDEO: Sampah Kulit Kabel Kembali Sumbat Saluran Air Ibu Kota

Sampah kulit plastik yang dibuang sembarangan ini telah menyumbat saluran air sehingga memicu banjir.

Liputan6.com, Jakarta - Ibu Kota Jakarta tidak hanya diganggu sampah rumah tangga yang dibuang sembarangan. Puluhan ton kulit kabel juga dibuang sembarangan hingga menumpuk dan menutup saluran air di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Selasa (1/3/2016), kulit kabel ini juga ditemukan tepat di sisi gedung Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia.

Sampah tak bisa diurai itu ditemukan petugas Dinas Tata Air saat membersihkan saluran air di kawasan Gambir, Selasa petang.

Bahkan petugas terpaksa mengangkat pot besar untuk menelusuri bungkus kabel yang masih utuh di bawah taman trotoar di Jalan Medan Merdeka Selatan. Tumpukan bungkus kabel itu sengaja ditanam di saluran air.

Entah siapa pihak yang bertanggung jawab, sampah yang dibuang sembarangan ini telah menyumbat saluran air sehingga memicu banjir.

Volumenya tidak sedikit, tapi mencapai 10 ton. Tragisnya, sampah non organik ini justru ditemukan di jalan protokol yang seyogyanya bersih dari tindak an membuang sampah sembarangan.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku, dua tahun lalu pihaknya pernah menemukan benda yang sama. Kini muncul lagi sampah yang sama namun lokasinya tak berjarak jauh.

Sayangnya meski sudah terjadi sejak dua tahun lalu, Ahok pun tak mampu menelusuri pemilik bungkus kabel yang menjadi salah satu pemicu genangan air di jalan protokol. Apalagi sampah yang ditanam tidak bisa diurai.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.