Sukses

VIDEO: Santri Solo Sosialisasikan Momen Gerhana di Car Free Day

Untuk mensosialisasikan fenomena alam langka itu, klub-klub pencinta astronomi pun mendekati masyarakat.

Liputan6.com, Solo - Gerhana matahari total tinggal 3 hari lagi. Namun, sebagian masyarakat belum mengetahuinya.

Untuk menyosialisasikan fenomena alam langka itu, klub-klub pencinta astronomi pun mendekati masyarakat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (6/3/2016) berbekal teropong digital, kacamata khusus, dan brosur, anggota Klub Astronomi Santri As-Salam, Pondok Pesantren As-Salam, Sukoharjo, berbaur dengan warga Solo. Saat itu warga sedang menikmati hari bebas kendaraan bermotor di Jalan Slamet Riyadi.

Para santri menyosialisasikan gerhana matahari total yang akan melintasi Indonesia pada 9 Maret mendatang, dengan menjelaskan bagaimana caranya menyaksikan fenomena alam dengan aman.

Di Palembang, Sumatera Selatan, warga antusias menyambut gerhana matahari total. Mereka berburu kacamata khusus gerhana.

Warga rela membeli kacamata seharga Rp 50 ribu, agar bisa menikmati kejadian alam langka dengan aman.

Palembang sendiri adalah salah satu kota di Indonesia yang dilintasi gerhana matahari total. Di kota itu, diperkirakan matahari akan tertutup mulai jam 07.20 WIB.

 

*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.