Sukses

VIDEO: Banjir Masih Melanda Sejumlah Daerah di Tanah Air

Hujan deras Senin malam di kota Pangkal Pinang memutus akses jalan utama.

Liputan6.com, Pangkal Pinang - Musim hujan hampir usai namun bencana banjir masih terjadi di sejumlah daerah di Indonesia.  Banjir bandang setinggi 1 meter melanda Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung pagi ini.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (29/3/2016), hujan deras pada Senin malam di kota Pangkal Pinang menyebabkan banjir melanda wilayah tersebut sejak Selasa pagi. Banjir yang merendam kota itu memutus akses jalan utama.

Sejumlah warga dievakuasi menggunakan perahu karet. Sedangkan sebagian warga nekat melintas menyelamatkan barang berharga. Para pengendara yang bingung karena jalan terputus akhirnya memarkirkan kendaraannya di pinggir jalan.

Di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, banjir yang merendam ratusan rumah warga hingga Selasa pagi belum juga surut. Hujan deras Senin malam membuat banjir makin meluas ke Kecamatan Lubuk Keliat setelah merendam Kecamatan Kuang dan Pemulutan.

Sementara itu, warga terpaksa menggunakan air banjir yang keruh bercampur lumpur untuk mencuci dan memasak. Setelah sempat surut, banjir kembali merendam ribuan rumah warga di Kecamatan Baleendah dan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Ketinggian air mencapai 1 meter membuat akses jalan utama terputus.

Warga Bandung Selatan kembali beraktivitas menggunakan perahu. Banjir membuat jalanan sekitar Baleendah dan Dayeuhkolot macet parah.

Selain itu, pengungsi korban longsor di Banjarnegara, Jawa Tengah, mulai mengeluh sakit. Mereka berobat ke posko kesehatan gratis yang disedakan puskesmas setempat. Hingga siang ini, 195 orang masih berada di pengungsian yang tersebar di gedung sekolah, balai desa, dan rumah warga. Dapur umum yang didirikan sukarelawan juga terus menyediakan makanan bagi para pengungsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.