Sukses

VIDEO: 4 Ekor Gajah Sumatera Dididik Jadi Polisi

Kembalinya gajah-gajah yang berusia 18 hingga 30 tahun ini untuk membantu warga mengusir gajah-gajah liar yang sering masuk ke perkebunan.

Liputan6.com, Aceh - Setelah hampir 10 jam perjalanan menggunakan sebuah truk ukuran besar, empat ekor gajah bernama Olo, Abu, Azis, dan Winggo diturunkan untuk selanjutnya dibawa ke Conservation Respon Unit atau CRU yang berlokasi di Kecamatan Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya.

Nantinya keempat gajah yang berasal dari pusat pelatihan gajah saree, Kabupaten Aceh Besar ini akan dididik menjadi polisi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (29/3/2016), kembalinya gajah-gajah yang berusia 18 hingga 30 tahun ini untuk membantu warga mengusir gajah-gajah liar yang sering masuk ke perkebunan hingga ke areal pemukiman warga.

Upaya menyelamatkan gajah Sumatera dari kepunahan juga dilakukan oleh aktor Leonardo DiCaprio pekan lalu. Peraih Oscar ini bahkan melakukan perjalanan rahasia ke Indonesia via Medan dengan tujuan ke ekosistem Gunung Leuser yang ada di Aceh.

Saat berfoto dengan gajah Sumatera, Leo menulis bahwa hutan hujan tropis di dataran rendah Leuser, tempat habitat gajah asli Sumatera kian berkurang. Ini diakibatkan perluasan perkebunan kelapa sawit hingga gajah Sumatera kehilangan rute migrasinya.
 
Bersama sahabatnya Adrien Brody, peraih Oscar 2003 lewat film The Pianist, Leo datang ke Aceh dan berkampanye untuk keselamatan ekosistem Leuser.
 
Pada akun Instagramnya, Adrien tak hanya berkampanye keselamatan gajah, tapi juga untuk masa depan anak-anak Aceh.


 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.