Sukses

VIDEO: Kelompok Santoso Dipasok Senjata dari Abu Sayyaf

Ada kesamaan senjata yang digunakan Kelompok Santoso dan Abu Sayyaf.

Liputan6.com, Poso - Kelompok Abu Sayyaf yang menculik 10 warga Indonesia di Filipina Selatan, dipastikan memiliki hubungan dengan kelompok teroris Santoso di Poso, Sulawesi Tengah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (3/4/2016), menurut kepala BNPT Tito Karnavian, yang mengunjungi Pos Komando Taktis di Desa Watutau, Kecamatan Lore Piore, Poso, sejak lama kelompok Abu Sayyaf memasok senjata pada Santoso.

Hal itu bisa dilihat dari kesamaan senjata yang digunakan kedua kelompok.

Hingga saat ini pengejaran terhadap Santoso dan kelompoknya difokuskan di wilayah pegunungan Napu, Kecamatan Lore Utara dan Lore Timur.

Posisi kelompok Santoso diperkirakan kini semakin terjepit dan kekutannya semakin melemah setelah anggotanya semakin berkurang.

Pengepungan ini berdampak pada warga di lembah pegunungan Napu, yang sebagian besar bekerja sebagai petani.

Sejak operasi-operasi Tinombala diberlakukan, warga tidak bisa lagi berkebun di area dekat hutan karena dikhawatirkan membahayakan keselamatan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.