Sukses

VIDEO: Berburu Belalang Sudah Menjadi Tradisi di Tempat Ini

Selain menjadi pengganti lauk, aktivitas ini juga efektif menekan populasi belalang yang kerap merusak pertanian.

Liputan6.com, Tuban - Hujan baru saja usai di areal pesawahan Desa Kembangbilo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Tapi, bagi sebagian warga, aktivitas mereka justru baru saja dimulai.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (5/4/2016), dengan beramai-ramai warga menyusuri gelapnya malam di persawahan dan ladang. Mereka sedang berburu belalang.

Hanya bermodalkan senter dan botol bekas air minum, warga dengan teliti mencari belalang diantara rimbunan daun. 

Musim hujan memang menjadi berkah. Sebab saat inilah binatang pemakan daun ini sangat banyak ditemui.

Keseruan tidak didapat hanya saat berburu. Kenikmatan selanjutnya adalah mengolah dan mengonsumsi belalang hasil buruan.

Siapa sangka belalang goreng jadi menu favorit warga. Namun butuh keahlian khusus untuk menyajikan makanan yang bagi sebagian orang dianggap hama ini.

Berburu belalang sudah jadi tradisi turun-temurun di hampir seluruh pelosok Kabupaten Tuban. Selain menjadi pengganti lauk, aktivitas ini juga efektif menekan populasi belalang yang kerap merusak pertanian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.