Sukses

VIDEO: Hujan Deras 2 Hari, Ratusan Rumah Tertimbun Longsor

Sedikitnya 100 rumah warga rusak parah dan nyaris rata dengan tanah di Seram, Maluku.

Liputan6.com, Seram - Hujan deras selama 2 hari terakhir yang mengguyur Kabupaten Seram, bagian barat Maluku menyebabkan longsor. Sejumlah rumah dan bangunan rusak parah dan nyaris tertimbun longsor. Ratusan orang mengungsi karena rumah mereka rusak parah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Selasa (5/4/2016), kondisi terakhir di Dusun Jawa Sakti, kecamatan Humual Belakang, pulau Kelang, Kabupaten Seram, bagian barat, Maluku, terekam dalam video amatir salah seorang warga. Video ini menunjukkan bagaimana dahsyatnya longsor dari tebing gunung lalu menerjang perkampungan.

Sedikitnya 100 rumah warga rusak parah dan nyaris rata dengan tanah. Tak hanya rumah warga, longsor juga mengakibatkan sekolah dasar negeri rusak parah.

Hingga saat ini sekitar 600 jiwa di Dusun Jawa Sakti mengungsi karena khawatir akan keselamatan jiwa mereka.

Rencananya pada Kamis dan Jumat mendatang, distribusi bantuan bahan makanan dan kesehatan dalam jumlah besar baru tiba di lokasi bencana. Sebab, distribusi bantuan hanya melalui jalur laut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.