Sukses

VIDEO: Wapres JK Janji Tingkatkan Patroli di Perairan Perbatasan

Pernyataan JK itu dikatakan saat mengantar Presiden Joko Widodo berkunjung ke sejumlah negara di Eropa.

Liputan6.com, Tarakan - Sejumlah kapal TNI Angkatan Laut terus disiagakan di dermaga Pelabuhan Tarakan, Kalimantan Utara. Kapal-kapal perang tersebut disiagakan sejak tiga pekan lalu, setelah 10 warga negara Indonesia (WNI) disandera kelompok Abu Sayyaf di Filipina.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (18/4/2016), kesiagaan kini semakin ditingkatkan setelah empat WNI kembali diculik. Bahkan, hingga saat ini belum diketahui nasibnya.

Sementara itu, latihan gabungan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) terus dilakukan. Sejumlah pesawat dan helikopter juga disiagakan.

Usai mengantar Presiden Joko Widodo berkunjung ke sejumlah negara di Eropa, Wakil Presiden Jusuf Kalla berjanji akan meningkatkan patroli di perairan lalu lintas perdagangan Indonesia dengan Filipina dan Malaysia.

Kapal tugboat Henry dan kapal tongkang Cristi dibajak di 14 mil laut dari bibir pantai Filipina, saat tengah menuju Tarakan, Kalimantan Utara. Empat dari sepuluh anak buah kapal (ABK) WNI diculik. Enam WNI lainnya berhasil meloloskan diri, namun salah satunya kritis akibat luka tembak. 

Meski keberadaan kapal sudah diketahui namun kondisi empat ABK belum diketahui nasibnya. Sedangkan korban luka tembak masih dirawat di Tawau, Malaysia.

Empat ABK diculik termasuk nakhoda kapal Mochamad Ariyanto Misnan. Sementara ABK yang tertembak yaitu Lambas Simangkulangit. Lima ABK lainnya dalam kondisi selamat setelah dibawa Polisi Maritim Malaysia.

Sebelumnya kelompok Abu Sayyaf menyandera 10 WNI yang hingga kini belum juga dibebaskan.

Kelompok ini memang kerap menyandera warga sipil untuk mendapat tebusan. Mereka menuntut 10 ABK yang disandera ditebusan sebesar 50 juta peso atau sekitar Rp 14,3 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.