Sukses

VIDEO: Pemuda di Jember Ubah Limbah Kertas Jadi Aneka Aksesori

Mohammad Masnif dan sejumlah teman-temannya mengubah limbah kertas jadi aneka aksesori cantik dan bernilai jual.

Liputan6.com, Jember - Kerajinan unik dihasilkan sekelompok anak muda di Jember, Jawa Timur dengan memanfaatkan limbah dari bahan kertas seperti kertas bekas soal-soal ujian.

Dengan teknik melipat dan pewarnaan, kertas bekas berubah menjadi aneka aksesori cantik dan bernilai jual.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (20/4/2016), rumah kreativitas yang dihuni Mohammad Masnif dan sejumlah teman-temannya untuk menghasilkan aneka aksesori berbahan baku limbah kertas berada di kawasan Kelurahan Sumbersari, Jember.

Kertas bekas soal ujian, kardus hingga kotak makanan, yang biasanya terbuang percuma dapat disulap menjadi aneka bentuk aksesori unik seperti gantungan kunci, wadah alat tulis, bingkai foto, dan kotak lampu hias.

Produk kerajinan limbah kertas ini bahkan dihasilkan dalam waktu singkat sekitar 15 menit, dengan cara pewarnaan kertas, menggulungnya, melipat, dan menganyamnya sesuai bentuk yang diinginkan.

Harga produk kerajinan yang dihasilkan Masnif dan kawan-kawan dijual dengan harga terjangkau, gantungan kunci misalnya, dijual Rp 5.000/buah, sedangkan lampu hias Rp 50 ribu/set.

Sejumlah pemuda setempat banyak yang pada akhirnya bergabung untuk menambah penghasilan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.