Sukses

VIDEO: Canggihnya Motor Amfibi Tim Polair Tanah Bumbu

Mesin motor yang memiliki kekuatan 1.300 cc ini dioperasikan khusus di jalur-jalur sulit seperti rawa, sungai, atau laut.

Liputan6.com, Kalimantan - Direktorat Polisi Perairan (Polair) di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan memiliki fasilitas operasional canggih yang mungkin hanya ada satu-satunya di Indonesia. 

Kantor polisi air ini memiliki dua buah motor amfibi yang digunakan untuk patroli di sungai bahkan di laut guna mengantisipasi berbagai tindak kejahatan atau kriminal.  

Motor amfibi ini dikenal dengan sebutan "quadski" buatan Korea. Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (26/4/201), motor ini mampu berlari 80 kilometer per jam di darat, sedang kecepatan meluncur di atas air laut atau sungai bisa mencapai 25 hingga 30 knot. 

Mesin motor yang memiliki kekuatan 1.300 cc ini dioperasikan khusus di jalur-jalur yang sulit seperti rawa, sungai, atau laut. 

Motor amfibi ini terutama akan dipergunakan dalam operasi SAR penyelamatan bencana kapal tenggelam atau mengevakuasi korban di sungai atau laut.

Fasilitasnya juga bisa ditambah dengan pengadaan tandu apung bagi para korban bencana. Tidak menutup kemungkinan motor ini dipergunakan untuk membantu evakuasi korban banjir.

Harga sebuah motor amfibi ini mencapai Rp 500 juta lebih. Ditsatpol Air Kabupaten Tanah Bumbu mendapatkan motor ini dari bantuan salah seorang pengusaha batubara ternama di Kalimantan Selatan, yaitu Haji Syamsudin atau dikenal dengan sebutan Haji Isam.

Pertama kali dioperasikan, jajaran Satpol Air Tanah Bumbu telah menggunakannya dalam pengamanan pesta pantai di Pagatan belum lama ini. Anggota Satpol Air yang mengoperasikannya merasa cukup bangga dengan fasilitas yang dimilikinya saat ini. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.