Sukses

VIDEO: Sadiman, Penyelamat Hutan Bulukerto

Lebih dari 20 tahun hidup Sadiman dicurahkan untuk menghijaukan kawasan gunung di desanya.

Liputan6.com, Wonogiri - Seorang warga Wonogiri, Jawa Tengah, meluangkan lebih dari 20 tahun hidupnya untuk menghijaukan kawasan gunung di desanya. Upaya yang semula dilakukan sendirian kini diikuti ribuan relawan. Hasilnya, ratusan hektare kawasan hutan hijau kembali.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Kamis (28/4/2016), Dusun Dali, Desa Geneng Bulukerto, Wonogiri, Jawa Tengah, sekarang sungguh hijau.

Kebakaran hutan yang pernah melanda hutan ini pada 1964 menyebabkan hutan ini gundul seakan tiada air.

Sosok di belakang hijaunya kawasan ini tak diragukan lagi adalah Sadiman, yang kini berusia 65 tahun. Dimulai 20 tahun lalu, seorang diri Sadiman naik dan turun bukit demi menanam pohon di area 4 desa.

“Mulai menanam tahun 96, bertahap dan sedikit demi sedikit saya tanami saja sampai Mendut sendirian, dengan modal sendiri,” tutur Sudiman.

Karena kegiatannya yang tidak biasa ini, bahkan ada warga yang menganggap Sadiman tidak waras.

Saat ini, setelah 600 hektare kawasan menjadi hijau, semua orang mengakui jasa Sadiman. Desa sekitar tak pernah lagi kekeringan.

Berbagai penghargaan diberikan pada Sadiman. Pada 2012, warga yang bersimpati membentuk organisasi Garda Hijau Bumi (GHB) untuk melanjutkan dan memperluas karya Sadiman

“Sudah ribuan, Mas, sekarang jumlah relawannya. Sekarang malahan sudah ada kantornya, ada organisasinya (GHB) yang mengurus gerakan penghijauan ini,” ujar dia.

Sadiman berjanji tak akan berhenti menanam pohon sampai dia tidak kuat lagi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.