Sukses

VIDEO: Sistem Buka-Tutup Jalur Urai Kemacetan di Jalur Pantura

Jika kemacetan semakin parah, polisi dan pengelola tol akan membuka Tol Pejagan Brebes Timur dengan sistem buka-tutup.

Liputan6.com, Sumedang - Hari pertama libur panjang, volume kendaraan yang melintas di jalur Pantura-Brebes hingga kota Tegal, Jawa Tengah, sejak Kamis siang terus mengalami peningkatan. Untuk mengurai kemacetan kendaraan di ruas pantura, kepolisian setempat membuka Tol Pejagan-Brebes Timur dengan sistem buka-tutup. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Kamis (5/5/2016), sejumlah ruas jalan di jalur Pantura-Brebes terus dipadati kendaraan dari Jakarta, Banten maupun Jawa Barat. Selain kendaraan pribadi, sejumlah truk sembako dan bus antar kota antarprovinsi juga terlihat memadati ruas jalan.

Kepadatan kendaraan sudah terjadi sejak mulai pintu keluar Tol Pejagan, ruas Jalan Bulakamba, Klampok hingga di kawasan alun-alun Kota Brebes.

Jika kemacetan semakin parah, polisi dan pengelola tol akan membuka Tol Pejagan-Brebes Timur dengan sistem buka tutup.

Di jalur selatan, kemacetan panjang kendaraan terjadi di pintu keluar Tol Cileunyi-Bandung menuju Garut, Tasik dan Sumedang. Selain dari pintu Tol Cileunyi, kepadatan arus lalu lintas juga terjadi di kawasan Jatinangor, Sumedang. Hal ini membuat pihak kepolisian harus memberlakukan rekayasa jalan dan menerapkan sistem buka-tutup jalur. 

Libur panjang ini dimanfaatkan oleh warga masyarakat untuk mengunjungi sejumlah tempat wisata yang ada di Jawa Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.