Sukses

VIDEO: Kuli Pelabuhan Ini Ciptakan Game Ponsel Android

Berkat rasa ingin tahunya, Henry mendapat belasan juta rupiah dari aplikasi yang dikembangkannya.

Liputan6.com, Makassar - Awalnya, hobi mampir ke warnet. Sekarang, Henry Jufri dikenal sebagai pengembang aplikasi permainan di ponsel pintar android.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (8/5/2016), sebulan belakangan, Henry mendulang 1.000 dolar AS atau sekitar Rp 14 juta, dari aplikasi yang dikembangkannya.

Tak ada yang menduga, Henry mampu berkarya seperti ini. Sehari-hari, Henry adalah kuli panggul di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan.

Perjalanan hidup pria kelahiran Gowa, Sulawesi Selatan 32 tahun lalu itu tidaklah mulus. Henry mencoba berbagai hal untuk bisa menghidupi keluarganya. 

Setelah tahu tentang blog, Henry sempat coba membuat blog. Awalnya, tentang tempat-tempat wisata. Namun karena ingin terus berkembang, dengan dana seadanya, Henry ikut kursus singkat tentang internet marketing.

Saat tidak sedang memanggul barang di pelabuhan, Henry berjibaku terus belajar membuat aplikasi. Meski sempat membentur berbagai hambatan, termasuk tanpa sengaja melanggar hak cipta.

Sekarang, Henry lebih mampu memenuhi kebutuhan keluarganya. Begitupun, Henry tidak meninggalkan kerja sebagai kuli panggul.

Ayah dua anak itu membuktikan, keterbatasan ekonomi dan pendidikan bukan halangan untuk maju di bidang apa saja.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.