Sukses

VIDEO: Jelang Eksekusi di Nusakambangan, Aktivitas Nelayan Normal

Belum ada larangan dari polisi perairan untuk berhenti beroperasi, seperti dua kali eksekusi terpidana mati sebelumnya.

Liputan6.com, Cilacap - Meski rencana pelaksanaan eksekusi sejumlah terpidana mati di Lapas Nusakambangan akan dilaksanakan dalam waktu dekat, aktivitas nelayan di perairan Nusakambangan masih normal. Sejumlah pejabat dari Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah terpantau mengunjungi lapas itu.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (13/5/2016), lalu-lalang sejumlah kapal, baik kapal tunda maupun kapal nelayan dan penyeberangan di sekitar dermaga Wijaya Pura, Cilacap, hingga Jumat siang ini masih berlangsung normal menjalankan kegiatannya mencari ikan. 

Belum ada larangan dari polisi perairan untuk berhenti beroperasi, seperti dua kali eksekusi terpidana mati sebelumnya. Pengamanan di sekitar dermaga dan perairan juga belum ditingkatkan.

Kamis 12 Mei 2016 siang, rombongan pejabat kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah juga terpantau datang ke Pulau Nusakambangan. Meski belum ada pernyataan resmi, diduga kuat kedatangan mereka terkait persiapan eksekusi terpidana mati. Lima kepala unit lapas yang ditempati terpidana mati diganti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.