Sukses

VIDEO: JK Sebut Komunisme Ideologi Gagal

Menurut Wapres JK, di dunia nyata paham komunisme sudah tak laku lagi.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam pertemuan dengan purnawirawan TNI-Polri dan ormas kepemudaan di Jakarta, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu meminta sejumlah pihak yang ingin membuka kasus pembantaian orang yang dituduh sebagai anggota PKI, menghargai keluarga korban kekejaman PKI yang juga tewas.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (14/5/2016), Ryamizard meminta seluruh komponen bangsa berdamai dan melihat ke depan demi kepentingan bangsa bersama. 

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan budayawan Taufik Ismail mengakui, belakangan muncul atribut palu arit di masyarakat.

Namun keduanya mengingatkan, di dunia nyata, paham komunis diakui sebagai paham atau ideologi gagal, bahkan di sejumlah negara berideologi komunis saat ini.

Memang hingga saat ini, larangan menyebarkan dan menggunakan simbol terkait komunisme dan Partai Komunis Indonesia masih dilarang. Hal ini sesuai dengan Tap MPRS Nomor 25 Tahun 1966 dan Undang Undang Nomor 27 Tahun 1999 mengenai KUHP.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.