Sukses

VIDEO: Petani Ini Ciptakan Jenis Tanaman Unggul

Romadon mampu menghasilkan pisang 4 tandan, Nanas 8 kg hingga merica dengan biji yang banyak.

Liputan6.com, Bangka Belitung - Seorang petani di Merawang, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, berhasil membuat sejumlah jenis tanaman unggul dengan pupuk rahasia. Di tangan petani yang hanya lulusan sekolah dasar ini, pohon pisang dapat berbuah sebanyak 4 tandan, Nanas 8 kg hingga merica dengan biji yang banyak. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (21/5/2016), bersama anak dan cucunya, Romadon tengah sibuk membuat ramuan khusus yang terdiri dari 12 bahan seperti air kelapa muda, madu hutan, bawang merah dan lumut rawa. 

Ramuan ini kemudian disimpan dalam kurun waktu tertentu sebelum akhirnya disiram ke sejumlah tanaman yang menghasilkan buah atau biji yang maksimal. 

Pohon Nanas yang dimiliki Romadon punya ukuran jumbo hingga mencapai berat 8 kg. Selain itu, satu batang pohon pisang biasanya hanya menghasilkan buah satu tandan, namun di tangan pria berusia 61 tahun ini buah pisang bisa mencapai 2-4 tandan.

Di sudut kebun lainnya, petani yang merupakan keturunan Tionghoa ini menanam merica yang tumbuh subur dengan biji yang mencapai 5 kilogram merica kering per pohon.

Berkah yang dimiliki Romadon tak hanya dinikmati diri sendiri dan keluarga, tapi juga dibagikan ke petani di seluruh Pulau Bangka.

Secara perlahan, tanah Bangka yang tandus sisa penambangan timah, kini mulai kembali digarap menjadi lahan pertanian berkat jasa Romadon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.