Sukses

VIDEO: LKS SD Berbau Kriminalitas Resahkan Orangtua Siswa

Suku Dinas Pendidikan Jakarta Timur meminta maaf dan segera menarik soal-soal LKS berbau kriminalitas.

Liputan6.com, Jakarta - Lembar kerja siswa (LKS) untuk pekerjaan rumah bagi murid kelas 2 SDN 02 Baru, Cijantung, Jakarta Timur membuat resah orangtua murid. Sebab, salah satu soal menyebut kata 'dibunuh'.

Sedangkan pada soal lain, tertulis jelas salah satu pilihan jawabannya adalah 'Salim punya istri simpanan'.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (24/5/2016), soal latihan pada mata pelajaran pendidikan lingkungan budaya Jakarta itu ditemukan oleh orangtua murid.

Orangtua kecewa sekaligus khawatir, bagaimana mungkin kata-kata yang mengandung unsur kriminalitas dan kalimat yang tidak sesuai untuk murid kelas 2 SD itu bisa ada dalam LKS anak mereka. 

Pihak sekolah juga mengakui adanya kelalaian saat guru membagikan materi soal. Ternyata, guru tidak membaca dulu sebelum membagikan soal-soal itu.

Sementara itu, Suku Dinas Pendidikan Jakarta Timur meminta maaf dan segera menarik soal-soal itu.

Suku Dinas Pendidikan juga akan menjatuhkan sanksi kepada dua guru yang diketahui lalai, ataupun sengaja memberikan soal-soal LKS bermasalah itu kepada murid.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.