Sukses

VIDEO: Alasan Unpad Beri Gelar Doktor pada Megawati

Dengan anugerah ini, Megawati mengikuti jejak ayahandanya.

Liputan6.com, Bandung - Berbagai kenangan muncul di benak Megawati Soekarnoputri, saat menyampaikan orasi ilmiah di acara penerimaan gelar doktor kehormatan bidang politik dan pemerintahan dari Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung, Jawa Barat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Rabu (25/5/2016), Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan, Megawati layak dan pantas menerima gelar doktor kehormatan. Presiden Joko Widodo juga sudah mengucapkan selamat.

Megawati menjadi presiden tahun 2001, menggantikan Gus Dur sebagai presiden setelah dimakzulkan oleh MPR.

Di era Megawati, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dibentuk. Di era Megawati, sebanyak 123 UU dibuat, yang mengatur berbagai soal termasuk sistem jaminan sosial, cikal bakal BPJS. Inilah salah satu yang mendasari Unpad memberikan gelar Doktor Honoris Causa (Dr.H.C).

Dengan anugerah ini, Megawati mengikuti jejak ayahandanya, Bung Karno, yang juga mendapat gelar doktor yang sama dari Unpad.

Ini adalah gelar doktor honoris causa keempat setelah mendapatkan gelar yang sama dari universitas di Korea Selatan, Jepang dan Rusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.