Sukses

VIDEO: Menanam Terumbu Karang di Laut Bunaken

Pada kedalaman 10 meter, bibit terumbu karang diikatkan pada media penanaman untuk meremajakan terumbu karang yang mulai rusak.

Liputan6.com, Manado - Bersama marinir TNI Angkatan Laut, Tim Liputan 6 SCTV menanam bibit terumbu karang di kawasan Fukui, Perairan Bunaken, Sulawesi Utama.

Pada kedalaman 10 meter, bibit terumbu karang diikatkan pada media penanaman untuk meremajakan terumbu karang yang mulai rusak di beberapa lokasi penyelaman.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (30/5/2016), Tim Liputan 6 SCTV bersama marinir TNI Angkatan Laut juga menyusuri dasar terumbu karang hingga kedalaman 20 meter sambil menikmati keindahan alam bawah laut Bunaken. 

Selain terumbu karang, di kedalaman tersebut tim juga tiba di rumah buatan untuk lobster jenis udang berukuran besar yang hidup di rongga-rongga terumbu karang.

Tak kurang dari 50 lobster siap bereproduksi dilepas ke rumah buatan. Penanaman bibit terumbu karang dan pelepasan lobster ini juga sebagai program lanjutan Save Our Littoral Life, penyelamatan kehidupan pesisir yang dirintis marinir sejak satu tahun lalu.

 "Tentunya akan kita lanjutkan menanam terumbu karang secara meluas," kata Komandan Lantamal VIII Manado, Laksamana TNI Suselo

Dengan melestarikan terumbu karang dan fauna laut, berarti turut menyelamatkan kehidupan masyarakat pesisir.

Tak hanya menjadi daya tarik wisatawan, hasil laut yang kaya, tapi juga membawa manfaat ekonomi bagi warga setempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.