Sukses

VIDEO: Mahasiswa Jember Tawarkan Rokok Diganti dengan Susu

Ada yang sukarela menyerahkan batang rokok, ada juga yang menolak.

Liputan6.com, Jember - Mahasiswa peduli kesehatan di Jember, Jawa Timur, menghampiri perokok untuk menawarkan tiga batang rokoknya dengan sebotol susu kemasan. Ada yang sukarela menyerahkan batang rokok, ada juga yang menolak.

Di kabupaten Indramayu, Jawa Barat, mahasiswa menggelar aksi teatrikal penolakan asap rokok di sejumlah tempat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (31/5/2016), mahasiswa juga menyegel papan reklame rokok, sebagai simbol perlawanan terhadap bahaya rokok.

Di Bandung, Jawa Barat, sejumlah orang yang tergabung dalam Komunitas Kretek Bandung menyampaikan kampanye bahwa tidak selamanya tembakau itu merugikan.

Selain di persimpangan Jalan Cikapayang, Dago, aksi kampanye sebagai bentuk terima kasih untuk tembakau, juga digelar di depan pusat perbelanjaan Bandung Indah Plaza di Jalan Merdeka.

Komunitas kretek juga mengajak para perokok aktif agar mengutamakan etika dan tidak merokok sembarangan.

Sementara di Monumen Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta, Komunitas Kretek yang beranggotakan para pedagang asongan juga turut menyuarakan tembakau melalui industri rokok, menyumbang pendapatan bagi negara.

Data organisasi buruh dunia, sekurangnya 10 juta orang menggantungkan hidup pada tanaman tembakau. Seperti petani, industri kretek, pedagang, dan industri periklanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.