Sukses

VIDEO: 2 Siswi SMK Sragen Sulap Rumput Jadi Pereda Nyeri Haid

Sielviana dan Natasha menciptakan permen penghilang rasa nyeri haid dari rumput teki.

Liputan6.com, Sragen - Sebuah ide kreatif bisa muncul dari berbagai keadaan. Seperti yang dirasakan oleh dua siswi SMK Citra Medika, Sragen, Jawa Tengah, Sielviana Solikhah dan Natasha Salsabella.

Berawal dari bentuk keprihatinan keduanya yang melihat teman-temannya mengalami nyeri saat haid, Sielviana dan Natasha kemudian menciptakan permen penghilang rasa nyeri haid dari bahan herbal. 

Setelah melakukan sejumlah riset, seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (1/6/2016), keduanya memutuskan untuk membuat obat haid dari ekstrak rumput teki. Rumput ini diketahui memiliki kandungan fotokimia flavonoid yang berkhasiat untuk menghilangkan rasa nyeri.

Dalam proses penelitian keduanya didampingi guru farmasi di sekolah. Dibutuhkan sekitar satu bulan, sampai akhirnya mereka berhasil menemukan formula yang tepat untuk membuat permen dari rumput teki.

Ternyata permen pereda haid yang diciptakan dua siswi SMK ini sangat mujarab. Banyak teman-teman mereka yang datang untuk meminta permen pereda haid tersebut dan merasakan dampaknya.

"Alhamdulillah itu sangat berefek pada teman-teman kita dan mereka jadi jarang izin ke UKS karena nyeri haid," kata Sielviana.

Permen pereda nyeri haid kini menjadi karya unggulan siswi SMK Citra Medika yang berhasil memenangkan penghargaan di tingkat Kabupaten Sragen maupun Karesidenan Surakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.